Thursday, February 19, 2015

Persiapan Acara Lamaran Pernikahan


Persiapan acara Lamaran pernikahan merupakan awal dari rangkaian membina rumah tangga. Secara umum urutannya sebagai berikut :

  1. Lamaran
  2. Bertunangan
  3. Ijab Qobul
  4. Pesta Pernikahan
Membahas tentang Persiapan acara Lamaran pernikahan, pada intinya lamaran sekedar menyampaikan keinginan seorang pria kepada orang tua calon istri. Pada jaman sekarang biasanya lamaran sudah diagendakan waktunya terlebih dahulu, karena yang umum terjadi si pria dan wanitanya sudah saling kenal dan sudah ada sinyal bahwa orang tua wanita akan mengijinkan. Untuk keadaan yang seperti ini biasanya lamaran langsung diagendakan sekalian dengan rangkaian lamaran dilanjutkan tunangan. Susunan acara apabila menggunakan MC bisa disusun dengan Simple sebagai berikut :
1. Pembukaan oleh MC
2. Sambutan Selamat datang dari tuan rumah atau diwakilkan ke tokoh masyarakat
3. Sambutan orang tua si Pria untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan untuk melamar.
4. Acara atur penampi/jawaban dari orang tua wanita, pada acara ini si orang tua wanita akan menjawab sesuai hati nuraninya, selanjutnya orang tua wanita juga akan menegaskan kembali kepada si Pria apa benar-benar bermaksud menikahi putrinya, setelah mendapat jawaban pria lalu akan menanyai putrinya, setelah menegaskan hal tersebut, maka akan melanjutkan dan memantapkan jawaban.
5. Apabila semuanya sudah diagendakan biasanya bisa dilangsungkan acara bertunangan atau tukar cincin. Untuk acara tukar cincin karena kedua calon mempelai belum menjadi mukhrim maka bisa dipasangkan oleh ibu masing-masing calon. bisa juga ibu si pria memasang di calon mentu dan sebaliknya.
6. Acara bisa dilanjutkan ramah-tamah. Acara ramah tamah bisa diisi dengan saling kenal lebih jauh, mengenalkan semua keluarga yang hadir, serta merencanakan kapan akan dilaksanakan ijab Qobul, Pesta pernikahan.
 7. Acara Penutup oleh MC dan bisa dilanjutkan dengan doa bersama agar semua yang telah di niatkan akan berjalan lancar.
8. Bisa dilanjutkan acara makan bersama
Demikian sedikit artikel tentang Persiapan acara Lamaran pernikahan dari Citra Persada Wedding Yogyakarta dan semoga bermanfaat. Sukses untuk anda bersama orang yang anda cintai. Jonet jogjadekor.com

No comments:

Post a Comment