Tuesday, June 30, 2015

Merencanakan Pesta Pernikahan

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga yang saya tulis ini dapat membantu anda khususnya yang sedang  menyiapkan acara pesta pernikahan baik untuk anda sendiri, keluarga, maupun untuk rekan anda. artikel yang saya tuliskan berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan  selama saya menangani Wedding organiser.

Berdasarkan pada Jawaban dari satu pertanyaan yang beberapa kali saya tanyakan kepada teman ataupun calon klien, sering di jawab dengan saya masih bingung, tapi saya ingin seperti ini, terlihat dan terkesan begini, ada ini, nuansanya begini. tapi yang gak mahal gitu. Padahal hanya dengan satu pertanyaan Apa yang sudah saudara siapkan,,,,?
Jauh sebelum anda mengalami, rentetan urusan pernikahan sampai dengan pesta itu sesuatu hal yang terasa biasa, akan tetapi ketika saat mengalami hal ini sering menjadi beban, kadang menjadi sulit berkonsentrasi pada hal-hal lain, yang dipikir hanya tentang rentetan dan kesiapan menghadapi hari istimewa yang sedang di rencanakan. Mari kita bersama-sama kupas, kebutuhan dasar dulu adalah :
Lamaran dan dilanjutkan Pernikahan/Ijab Qobul.
Dari dua hal ini bisa berkembang menjadi : Lamaran, Acara Nikah/Ijab qobul, dan Pesta Pernikahan. selanjutnay bisa dikembangkan lagi sebagai berikut dan yang harus disiapkan :



Lamaran
  • Tentukan : Hari, tanggal, jam, tempat, jika anda CPP berapa yang akan datang melamar konsultasikan dengan si dia yang akan datang melamar. 
  • Siapkan Juga :Setelah ada kesepakatan lamaran diterima, maka bisa dilanjutkan pembicaraan diantaranya, apa akan ada acara tukar cincin, kapan akan diselenggarakan akad nikah, apakah sudah ada rencana pesta pernikahan, kalo ada kapan dan ditempat wanita/pria atau ditempat keduanya 
Akad Nikah 
Akad Nikah dapat dilakukan di kantor KUA atau di Rumah., bisa jadi acara tunggal atau  dilanjut  Resepsi Rumah atau Gedung,kita fokus ke Akad Nikah dulu,  siapkan hal berikut
  • Tentukan hari, tanggal jam rencana Akad Nikah dengan Kantor Urusan Agama setempat, 
  • Tempat akad Nikah : apakah akan di lakukan di KUA, dirumah atau di masjid mana, tetapi kalo tidak di kantor KUA sering orang Jawa menyebut Mbedhol. Tentunya Mbedhol itu ada biayanya
  • Siapkan persyaratan-persyaratan seperti Photo, Surat pengantar ke KAU  dari pihak Pria, KTP, KK, Akta Kelahiran, Surat Kesehatan dan lain-lain. Lebih lengkapnya dapat ditanyakan ke Kecamatan atau Kantor Urusan Agama setempat
  • Siapkan juga bagi Pihak Pria : Emas Kawin,
  • Selain mengajak Wali/orang Tua Pengantin Putri,  masing -masing pihak Pengantin bisa membawa tambahan saksi-saksi.
  • Meskipun ini tidak harus, akan tetapi perlu juga disiapkan Rias, Pakaian yang serasi dengan pasangan, dokumentasi photo/video.   
 Resepsi

Untuk acara resepsi memang tergantung seberapa besar kita akan merayakannya, akan tetapi arus anda siapkan betul-betul adalah Buget atau kemampuan keuangan, selain itu jika anda yang pegang kendali dan pembiayaan anda jangan mudah terpengaruh. Sebaiknya tuangkan konsep anda dan serahkan kepada rekan, saudara, atau orang yang anda percaya untuk membantu anda. Mari kita bicarakan kebutuhan dasar saja dahulu :
Persiapan Awal :
  • Tentukan Waktu Resepsi
  • Tentukan tempat Gedung/rumah/dll

Persiapan Kedua
  • Tentukan Pihak-pihak yang akan terlibat (Rias, Dekorasi, Katering dll)tentukan yang utama-utama dahulu, yang sifatnya tenaga ahli dan sulit digantikan  harus diutamakan seprti Perias, atau bisa diserahkan ke jasa  EO sehingga anda tinggal menerima laporan saja.
  • Rapat Keluarga dan Rapat (membahas tugas-tugas, dan dukungan apa saja yang diperlukan)
  • Nuansa yang diinginkan
  • Jumlah undangan dibuat daftar tertulis 
Persiapan Ketiga
Tentukan perlengkapan dan pihak-pihak terkait
  • Rias
  • Dekorasi/tenda
  • Katering
  • Dokumentasi
  • Hiburan
  • MC Acara
  • Acara adat jika diperlukan
  • Transportasi
Silahkan juga anda baca artikel saya tentang :
Menentukan Buget atau biaya pesta pernikahan
Paket Pernikahan
Membuat susunan Panitia







No comments:

Post a Comment